Cara Merawat Aquascape yang Baik dan Benar

By | October 14, 2018

Untuk mendapatkan aquascape air tawar yang enak dipandang mata, tentu saja membutuhkan perawatan yang baik dan benar. Berikut adalah tips perawatan aquascape air tawar yang bisa Anda tiru. Ayo, simak ulasannya.

Ganti air yang diuapkan
Penguapan air di akuarium sangat tergantung pada suhu dan jenis akuarium itu sendiri. Temperatur yang tinggi dapat menyebabkan banyak penguapan yang menghasilkan berbagai bahan seperti garam, kalsium, bahan kimia dan polutan hasil metabolisme ikan menjadi lebih terkonsentrasi. Karena itu, air baru harus segera ditambahkan.

Bersihkan gelas akuarium dan ganti airnya
Pencahayaan yang cukup tinggi di aquascape dapat menyebabkan perkembangan lumut pada dinding kaca akuarium lebih cepat. Ada banyak cara untuk mengurangi perkembangan lumut, misalnya dengan menggunakan hewan pemakan lumut seperti otocinclus sp, ikan pemakan ganggang, ramshorn, bekicot misteri, siput Melayu, bekicot tambak, bekicot kolam, dan udang ceri merah.

Pemupukan
Pemupukan sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Penggunaan pupuk dilakukan secara teratur dan terus menerus. Ketidakteraturan penggunaan pupuk dapat menyebabkan tanaman di aquascape menjadi kuning dan bahkan mati.

Filter pencarian sistem
Fungsi filter, yaitu menjaga kualitas air di akuarium, baik dengan metode biologis, mekanis, maupun kimia. Jika ada banyak kotoran dalam saringan, aliran air di saringan akan terhalang sampai mengurangi pergerakan air di akuarium dan memberikan beban berlebihan pada pompa air. Membersihkan filter yang baik setidaknya sekali setiap minggu sampai kebersihan akuarium terus terbangun.

Pembersihan kerikil
Pembersihan kerikil harus dilakukan karena kerikil sering ditutupi dengan ganggang, lumut, dan kotoran ikan yang membuat akuarium terlihat buruk. Manfaat dari pembersihan ini adalah untuk menghindari dekomposisi kotoran ikan yang nantinya dapat menjadi racun bagi ikan.

Pembersihan kerikil pada umumnya dilakukan pada permukaan kerikil sisi atas hanya dengan menggunakan selang. Untuk frekuensi membersihkan kerikil, umumnya dilakukan sebulan sekali.

Perawatan tanaman air
Tanaman air Aquascape pasti akan berkembang sampai mereka membutuhkan pemeliharaan berkala. Perawatan termasuk pemangkasan tanaman dan membersihkan tanaman dari daun mati. Manfaat pemangkasan ini adalah untuk memperindah tanaman.

Pelacakan kualitas air
Kualitas air yang perlu dipertimbangkan dalam pengelolaan aquascape adalah pH, ​​suhu, bebas CO2 (karbon dioksida), siklus nitrogen, dan oksigen terlarut (DO). Karbon dioksida adalah aspek yang sangat penting dalam pemeliharaan aquascape itu sendiri. Karbon dioksida bebas berfungsi untuk menghindari perkembangan lumut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *