Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Ikan Asin

By | January 21, 2018

Saat Ramadhan, ikan asin menjadi pilihan menu makanan favorit orang selain telur. Ikan yang diasinkan ini dapat disimpan dalam waktu lama dalam persediaan. Namun, meski bisa bertahan lama, ada baiknya berhati-hati saat membeli ikan asin.
Ikan yang diawetkan dengan campuran garam itu baik sehingga menjadi makanan tambahan sebagai teman makan nasi. Berikut adalah tips untuk memilih ikan asin yang ingin Anda beli dan bagaimana cara menyimpannya agar tahan selama persediaan selama bulan Ramadhan.

Kenali karakteristik ikan asin segar
Ada banyak jenis ikan asin, mulai dari ikan peda, ikan bilih, ikan asin kapas, ikan teri, gabus, cumi-cumi, teri, dan ebi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika mengenali ikan asin yang baik. Salah satunya, yaitu dengan memperhatikan aromanya. Meskipun telah diawetkan dengan garam, aroma amis ikan tetap ada. Ikan asin yang baik memiliki tekstur yang kokoh.

Harga
Meskipun ikan sudah diasinkan, beberapa dari mereka masih mahal harganya. Jika Anda menginginkan harga yang lebih murah, lebih baik tidak memilih medan karena harganya cukup tinggi. Sebelum membeli ikan asin, Anda bisa meminta beberapa jenis ikan asin terlebih dahulu. Karena ukuran yang berbeda, harga per kilogram juga berbeda.

Bagaimana cara menyimpan
Rasa asin membuat penggunaan ikan asin tidak banyak. Jika ada sisa makanan atau sudah banyak dibeli, Anda dapat menyimpannya dalam wadah tertutup pada suhu kamar. Namun, jika ikan asin yang Anda beli mengandung cukup air seperti ikan cumi dan peda, Anda harus menaruhnya di wadah tertutup dan menyimpannya di lemari es.

Pemrosesan yang benar
Agar rasanya enak dan tidak terlalu asin, cuci ikan asin terlebih dahulu dengan air mengalir sebelum mengolahnya. Anda juga bisa merendam ikan asin dalam air panas sebentar sehingga kotorannya larut. Bilas dengan air bersih dan tiriskan. Saat dicampur dengan bumbu dan dimasak, pastikan Anda tidak menambahkan terlalu banyak garam ke hidangan ikan asin ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *