Jenis Pakan Ikan Nila yang Bagus untuk Pertumbuhannya

By | February 24, 2018

Ikan nila adalah jenis ikan yang cukup mudah dibudidayakan. Mengapa? Karena ikan ini adalah spesies omnivora. Jenis pakan nila yang dapat diberikan saat masih benih dapat berupa zooplankton (hewan plankton), seperti Rotifera sp, Moina sp, atau Daphnia sp.
Pakan adalah salah satu hal yang memiliki peran penting saat memelihara atau membudidayakan nila. Ini karena nila membutuhkan sumber energi yang cukup untuk pertumbuhan dan pengembangbiakannya. Apa makanan alami yang dikonsumsi nila? Simak ulasan berikut ini.

Azolla microphylla
Azolla microphylla adalah salah satu jenis pakis air apung. Tanaman ini memiliki ciri-ciri khusus dibandingkan dengan jenis pakis lainnya. Azolla dengan permukaan daun yang lembut memiliki pertumbuhan yang cepat, sehingga sangat bagus untuk dibudidayakan sebagai pakan ikan. Dan, kandungan protein terpenting dari tanaman azolla cukup tinggi, sekitar 25-35% berat kering.

Tanaman azolla biasanya ditemukan di perairan tergenang seperti sawah atau kolam. Untuk nila berusia 1 bulan dari larva, azolla dapat diberikan. Pemberian azolla ke nila lebih disukai kering karena proteinnya lebih tinggi daripada azolla basah.

Bubur kelapa
Pulp kelapa memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan ini adalah salah satu pakan nila berkualitas terbaik. Pakan dalam bentuk bubur kelapa dapat diberikan dengan cara disebarkan langsung di kolam, juga bisa difermentasi terlebih dahulu. Atau, campur pulp kelapa ini menjadi campuran membuat pelet ikan nila.

Daun atau sayuran
Daun atau sayuran lunak, teksturnya bisa diberikan kepada nila dengan cara dicacah dan ukurannya bisa disesuaikan dengan kecil atau ukuran ikan. Jenis daun atau sayuran yang bisa diberikan adalah kol, sawi, bayam, dan kangkung.

Roti yang telah kedaluwarsa atau sisa makanan

Roti yang telah kedaluwarsa atau sisa makanan sangat berguna untuk memberi makan ikan nila. Misalnya, untuk 1 kolam dapat diberikan 1 karung roti yang sudah kadaluwarsa dan porsinya cukup untuk 40 nila selama 2-3 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *