Jenis Udang Hias Paling Populer dan Bernilai Jual Tinggi

By | March 7, 2019

Konsep taman dalam air atau yang biasa disebut aquascape, memiliki berbagai elemen pelengkap, termasuk udang hias. Saat ini, udang hias adalah salah satu penghobi favorit. Hewan-hewan ini tidak hanya pantas membersihkan ganggang, tetapi juga dapat mempercantik aquascape dengan warna dan motifnya.
Meski termasuk hobi baru, perkembangan bisnis udang hias ini cukup pesat. Bahkan, banyak aktivis yang beralih ke hobi Aquascape mengkhususkan diri untuk membiakkan hewan-hewan ini.

Berikut adalah 3 jenis udang hias, yang paling populer dan banyak diburu oleh penggemar aquascape.

Udang Sulawesi
Jenis udang ini adalah asli Indonesia, terutama dari Pulau Sulawesi. Udang ini memiliki beberapa jenis termasuk selebritis cantik, anggrek putih, empat musim, bercak putih, garis merah, pipi kuning, dan tigri.

Heteropoda Neocaridina
Neocaridina heteropoda atau Neocaridina davidi adalah udang air tawar yang berasal dari Taiwan. Awalnya, udang jenis ini mulai populer dengan ceri merah.

Setelah melalui proses perkawinan selektif dan kawin silang, jenis ini juga menghasilkan berbagai corak warna dan udang. Diantaranya adalah sakura, api merah, api dicat merah, ceri hitam, rile, udang kuning, udang api kuning, mutiara biru, bola salju, rili karbon hitam, dan udang rili kuning.

Caridina cantonensis
Awalnya, udang jenis ini hanya diketahui melalui lebah merah, lebah hitam, dan udang harimau. Setelah melalui proses selektif dan perkawinan silang, lebah merah dan lebah hitam memiliki banyak tingkatan kelas berdasarkan pola (grade C, B, A, S, S +, SS, SSS, dan WBS) dan kualitas karena kemurnian gen (PRL dan PBL).

Sementara itu, proses selektif dan perkawinan silang pada udang windu menghasilkan harimau biru, harimau hitam, mata oranye harimau biru / hitam, harimau merah, dan lebah harimau.
Perkawinan selektif dan perkawinan silang udang tawon juga semakin menarik ketika munculnya udang jenis lebah Taiwan (raja kulit hitam, panda hitam, anggur merah, ruby ​​merah, dan udang pinto). Udang dari peternak Taiwan dikenal karena warna yang indah dan harga tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *