Mengenal Abalon, Kerang Mahal yang Istimewa

By | August 8, 2018

Kerang banyak jenis. Jenis kerang apa yang sudah Anda ketahui dan Anda tahu tentang abalon?
Abalon adalah spesies kerang (moluska) dari famili Haliotidae. Hewan ini memiliki nama ilmiah Haliotis dan merupakan hewan laut.

Abalone termasuk herbivora, pemakan tumbuhan dan secara aktif mencari makanan dalam suasana yang gelap. Biasanya abalon dimakan oleh ganggang merah, ganggang hijau, dan ganggang coklat.

Hewan kerang ini dianggap sebagai salah satu makanan khusus dan memiliki harga mahal di berbagai negara termasuk Indonesia. Di Jakarta, banyak restoran khusus menyediakan menu yang terbuat dari kerang abalon.

Untuk mencicipi setiap irisan abalone yang dimasak di restoran, setiap pengunjung harus menghabiskan setidaknya sekitar Rp1 juta per sajian. Bahkan, ada juga menu abalon kering, yang harganya Rp. 13 juta per ekor, setara dengan harga sepeda motor.

Selain istimewa dan mahal, abalon juga kaya protein dan serat. Cangkang Abalon mengandung yodium, seng, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin E, vitamin B12, omega 3, dan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain kaya nutrisi, kerang abalon juga bisa digunakan untuk perhiasan, membuat kancing, dan berbagai kerajinan lainnya yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Manfaat daging abalon itu sendiri, yaitu mampu mencegah beberapa jenis penyakit seperti rematik, mengurangi aktivitas sel kanker, mengurangi kolesterol darah, dan mencegah risiko penyakit jantung. Abalon juga dapat menyembuhkan asma dan mencegah osteoporosis atau keropos tulang.

Namun, butuh waktu lama sebelum memproses abalon, yaitu sekitar satu hingga dua bulan. Memasak Abalon juga menggunakan teknik khusus, lho. Mungkin, inilah yang membuat harga kerang abalon sangat mahal.

Di sisi lain, keterbatasan lahan dan pengetahuan untuk budidaya abalon telah menyebabkan hewan-hewan ini memiliki nilai jual yang tinggi.

Nah, jika Anda mengunjungi Lombok atau Bali, Anda bisa mengunjungi tempat budidaya abalon di sana. Anda bisa melihat secara langsung bagaimana proses budidaya kerang spesial ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *